PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN NO. 37 PATANI II KEC. MAPPAKASUNGGU KAB. TAKALAR

SYARTYAH (2023) PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN NO. 37 PATANI II KEC. MAPPAKASUNGGU KAB. TAKALAR.

[img] Text
Artikel_Syartyah_1847042045.doc

Download (144kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa melalui penggunaan media flash card pada siswa kelas I SDN No. 37 Patani II Kec. Mappakasunggu Kab. Takalar tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas I SDN No. 37 Patani II Kec. Mappakasunggu Kab. Takalar terdiri dari 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu digunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik sekali. Hasil penilaian observasi siswa pada siklus I dikatergorikan cukup dan meningkat pada hasil penilaian observasi siklus II menjadi kategori baik sekali. Berdasarkan hal tersebut, nilai tes keterampilan membaca permulaan siswa meningkat, dari siklus I berada dalam kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan media flash card dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN No. 37 Patani II Kec. Mappakasunggu Kab. Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:59
Last Modified: 30 Aug 2023 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33843

Actions (login required)

View Item View Item