ANDI NURHASRAWATI A (2023) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Melalui Penggunaan Metode Pecs Anak Autis Kelas V di SD Alam Insan Kamil.
Text
PJE 2021 (ANDINURHASRAWATI A).pdf Download (388kB) |
Abstract
ANDI NURHASRAWATI A, 2021.Peningkatan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Melalui Penggunaan Metode Pecs Anak Autis Kelas V di SD Alam Insan Kamil Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd dan Dr. Bastiana,M. Si ; Jurusan Pendidkan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Kemampuan Komunikasi Ekspresif Anak Autis l. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan komunikasi ekspresif pada anak autis Sebelum Penggunaan Metode PECS, 2) Kemampuan Komunikasi Ekspresif Pada Anak Autis Setelah Penggunaan Metode PECS. 3) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Melalui Penggunaan Metode PECS Pada Anak Autis . Pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang anak autis kelas V di SD Alam Insan Kamil yang berininsial MI. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes perbuatan komunikasi ekspresif. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) kemampuan komunikasi ekspresif pada seorang anak autis penerapan metode PECS tidak mampu, 2) kemampuan komunikasi ekspresif pada seorang anak autis setelah penggunaan metode PECS berada pada kategori sangat mampu, 3) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi ekspresif pada seorang anak autis dengan penggunaan metode PECS dari tidak mampu menjadi sangat mampu. Dengan demikian, kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan meningkat dan lebih baik sebelum diberikan perlakuan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 05:55 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 05:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33842 |
Actions (login required)
View Item |