Peningkatan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Melalui Penggunaan Metode Pecs Anak Autis Kelas V di SD Alam Insan Kamil

ANDI NURHASRAWATI A (2023) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Melalui Penggunaan Metode Pecs Anak Autis Kelas V di SD Alam Insan Kamil.

[img] Text
PJE 2021 (ANDINURHASRAWATI A).pdf

Download (388kB)

Abstract

ANDI NURHASRAWATI A, 2021.Peningkatan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Melalui Penggunaan Metode Pecs Anak Autis Kelas V di SD Alam Insan Kamil Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd dan Dr. Bastiana,M. Si ; Jurusan Pendidkan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Kemampuan Komunikasi Ekspresif Anak Autis l. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan komunikasi ekspresif pada anak autis Sebelum Penggunaan Metode PECS, 2) Kemampuan Komunikasi Ekspresif Pada Anak Autis Setelah Penggunaan Metode PECS. 3) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Melalui Penggunaan Metode PECS Pada Anak Autis . Pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang anak autis kelas V di SD Alam Insan Kamil yang berininsial MI. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes perbuatan komunikasi ekspresif. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) kemampuan komunikasi ekspresif pada seorang anak autis penerapan metode PECS tidak mampu, 2) kemampuan komunikasi ekspresif pada seorang anak autis setelah penggunaan metode PECS berada pada kategori sangat mampu, 3) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi ekspresif pada seorang anak autis dengan penggunaan metode PECS dari tidak mampu menjadi sangat mampu. Dengan demikian, kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan meningkat dan lebih baik sebelum diberikan perlakuan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:55
Last Modified: 30 Aug 2023 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33842

Actions (login required)

View Item View Item