PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 BIRAENG KABUPATEN PANGKEP

NURFAIZAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 BIRAENG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
JURNAL_NURFAIZAH.pdf

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah masalah berikut: (1) Bagaimana gambaran penggunaan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 12 Biraeng Kabupaten Pangkep? (2) Bagaimana gambaran kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas IV setelah menggunakan model pembelajaran time token SD Negeri 12 Biraeng Kabupaten Pangkep ? (3) Apakah terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 12 Biraeng Kabupaten Pangkep?. Tujuan Penelitian ini untuk: (1) Mengetahu bagaimana gambaran penggunaan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 12 Biraeng Kabupaten Pangkep (2) Mengetahui bagaimana gambaran kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas IV setelah menggunakan model pembelajaran time token SD Negeri 12 Biraeng Kabupaten Pangkep. (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 12 Biraeng Kabupaten Pangkep. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen. Desain penelitian ini adalah two group pretest posttest design. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampilan berbicara, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji normalitas 39 menggunakan Kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan data pretest dan posttest berdistribusi normal. Hasil pretest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 7.29 berada pada kategori cukup. Hasil posttest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 11.96 berada pada kategori baik. Hasil pretest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 7.38 berada pada kategori cukup. Hasil posttest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 8.13 berada pada kategori baik. Uji hipotesis menggunakan Paired Sample T Test dengan data posttest kelas eksperimen dan data posttest kelas kontrol terdapat pengaruh yang signifikan. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 12 Biraeng Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:34
Last Modified: 30 Aug 2023 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33837

Actions (login required)

View Item View Item