Pengembangan Media Flashcard untuk Menigkatkan Pemahaman Konsep Bullying pada Siswa di SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar

NITA AYU LESTARI (2023) Pengembangan Media Flashcard untuk Menigkatkan Pemahaman Konsep Bullying pada Siswa di SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar.

[img] Text
Artikel Pengembangan Media Flashcard pada Pemahaman Konsep Bullying_Nita Ayu Lestari.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran Flashcard untuk meningkatkan pemahaman konsep Bullying untuk siswa di SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran flashcard yang layak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Allesi dan Trolip. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Allesi dan Trolip yang dimulai dengan tahap perencanaan (planning), tahap perencana (designing) dan tahap pengembangan (development). Data yang diperoleh dari penelitian adalah data kualutatif dan kuantitatif. Berdasarkan uji Alpha hasil analisis validasi ahli materi diperoleh hasil 96, 87% dengan kategori sangat layak. Sedangkan dari validasi ahli media diperoleh hasil 98,43% dengan kategori sangat layak. Adapun rata-rata penilaian dari validator adalah 97,65% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil uji Beta yang dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan siswa menunjukkan kategori baik. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa media media flashcard memiliki kekuatan pada tampilan dan isi yang memadai dengan pendapat positif dari siswa. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media flashcard dengan kajian materi tentang Bullying dinilai sangat layak digunakan. Kata Kunci: pengembangan, flashcard, bullying.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:06
Last Modified: 30 Aug 2023 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33829

Actions (login required)

View Item View Item