Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

AYU JULIASTRID. A (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

[img] Text
ARTIKEL AYU JULIASTRID. A 1847041046.pdf

Download (954kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN No. 72 Bontoloe Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), bagaimanakah gambaran kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik, dan apakah ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), gambaran kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian yaitu non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model pembelajaran dan variabel terikat mencakup kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN No. 72 Bontoloe Takalar, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui independent sample t test diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari nilai signifikansinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik siswa kelas IVA SDN No. 72 Bontoloe Takalar. Kata Kunci: Think pair share, Kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:45
Last Modified: 30 Aug 2023 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33825

Actions (login required)

View Item View Item