Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No. 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene

SUL APRILIANI (2023) Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No. 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene.

[img] Text
SUL APRILIANI_1847442024_ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN No. 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan hasil belajar siswa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang (K). Sehingga ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran matematika belum tuntas secara klasikal. Sedangkan pada siklus II hasil belajar yang sudah meningkat berada pada kategori baik (B) sehingga ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran matematika sudah tuntas secara klasikal, dan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN No. 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Realistic Mathematic Education, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:23
Last Modified: 30 Aug 2023 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33820

Actions (login required)

View Item View Item