PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN NO. 72 BONTOLOE TAKALAR

INDAH WARDANI MUSTAJAB (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN NO. 72 BONTOLOE TAKALAR.

[img] Text
Template Global Basic Education.doc

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SDN No. 72 Bontoloe Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Solving, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN No. 72 Bontoloe Takalar yang berjumlah 44 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika berupa pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh P = 0,035 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IVA SDN No. 72 Bontoloe Takalar. artikel global journal basic education dengan akses terbuka dibawah lisensi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:16
Last Modified: 30 Aug 2023 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33817

Actions (login required)

View Item View Item