PENGEMBANGAN E-MODUL LITERASI SAINS BERBASIS HYPERCONTENT PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

IKA WAHYU ZEKRENINGSIH (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL LITERASI SAINS BERBASIS HYPERCONTENT PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR.

[img] Text
artikel_Ika Wahyu Zekreningsih_1747041048.pdf

Download (317kB)

Abstract

Pada pendidikan abad 21, terdapat penyelenggaraan literasi di sekolah. Salah satu literasi yang diadakan di sekolah yakni literasi sains. Literasi sains sangat penting untuk peserta didik karena dapat mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan global. Literasi sains di Indonesia mengalami kendala karena keterbatasan tersedianya bahan ajar yang mampu memfasilitasi literasi di sekolah. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian yang mengembangkan bahan ajar berliterasi sains. Salah satu inovasi bahan ajar untuk pemberdayaan literasi sains yakni e-modul literasi sains berbasis hypercontent. E�modul literasi sains berbasis hypercontent dipilih karena efektif dan efisien ketika digunakan. Tujuan dari penelitian ini yakni menghasilkan e-modul literasi sains berbasis hypercontent yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kelayakan penggunaan e-modul literasi sains berbasis hypercontent. E-modul dikembangkan dengan menggunakan canva dengan memperhatikan tujuan yang akan dicapai. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian pengembangan ini dilakukan di salah satu sekolah dasar yang berada di kota Makassar. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase 93%, validasi ahli materi diperoleh persentase 96%, uji coba one by one diperoleh persentase 92%, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 91%, uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 89%, serta uji coba oleh guru kelas IV dengan hasil persentase 92%. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul literasi sains berbasis hypercontent pada tema indahnya keragaman di negeriku untuk siswa sekolah dasar dinyatakan valid atau layak digunakan. Kata Kunci: E-modul; Literasi Sains; Hypercontent

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:59
Last Modified: 30 Aug 2023 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33813

Actions (login required)

View Item View Item