PENGARUH PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES TELLO BARU I/1 KOTA MAKASSAR

ANDI FIRMAN AGUS (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES TELLO BARU I/1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ANDI FIRMAN JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SD Inpres Tello Baru I/1 yaitu rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan strategi (DRTA) pada pembelajaran membaca pemahaman siswa pada kelas IV UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/1 Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah menggunakan strategi (DRTA) pada siswa kelas IV UPTSPF SD Inpres Tello Baru I/1 Kota Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan sistem IBM Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi (DRTA) berjalan dengan baik. (2) Kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa indonesia setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi (DRTA) menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest kemampuan membaca pemahaman siswa dari kategori kurang menjadi kategori baik. (3) Terdapat pengaruh penerapan strategi (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Tello Baru I/1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:54
Last Modified: 30 Aug 2023 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33811

Actions (login required)

View Item View Item