PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD INPRES BELAKA KABUPATEN GOWA

SRI INDAH LESTARI (2023) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD INPRES BELAKA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa, (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa (3) Apakah terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk quasi eksperimental design. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB), jumlah siswa kelas IV keseluruhan adalah sebanyak 33 siswa, terdiri dari kelas IVA sebanyak 18 siswa dan kelas IVB sebanyak 15 siswa. Sampel ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar matematika kemudian dianalisis secara statistic inferensial yakni uji Independent sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan lembar observasi diperoleh penerapan pendekatan CTL secara umum terlaksana sangat baik. Hal ini terlihat presentase setiap pertemuan. Pertemuan I 76% dengan kategori efektif, pertemuan 2 90% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata (mean) pre-test pada kelas eksperimen sebesar 44.72 kemudian nilai rata-rata post-test sebesar 78.61, hal ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dengan pendekatan CTL. Berdasarkan hasil analisis uji Independent sample t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.001 < 0.05 Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan CTL di kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa terlaksana dengan sangat efektif, (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika setelah diberikan perlakuan dengan pendekatan CTL menunjukkan adanya peningkatan, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan CTL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa. Keywords: Pendekatan CTL ; Hasil Belajar Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:47
Last Modified: 30 Aug 2023 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33810

Actions (login required)

View Item View Item