Pengaruh Penggunaan Media Flashcard terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar

AHLIA (2023) Pengaruh Penggunaan Media Flashcard terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL AHLIA 1847441011.docx

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perngaruh penggunaan media flashcard terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media flashcard sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca permulaan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah 17 siswa dari Kelas IA sebagai kelompok eksperimen dan 17 siswa dari kelas IB sebagai kelompok kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan membaca permulaan berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard pada pertemuan pertama berjalan dengan cukup baik dan pada pertemuan II berjalan dengan baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan kemampuan membaca permulaan siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Didukung dengan N-gain kelompok eksperimen lebih baik dengan kategori tinggi daripada kelompok kontrol yang memperoleh kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan media flashcard berlangsung dengan baik, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dalam pembelajaran, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media flashcard terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flashcard, Keterampilan Membaca Permulaan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:32
Last Modified: 30 Aug 2023 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33808

Actions (login required)

View Item View Item