PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUANGE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS IV SDI JAPING, KECAMATAN PATTALASSANG, KABUPATEN GOWA.

REZKY BAHARUDDIN (2023) PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUANGE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS IV SDI JAPING, KECAMATAN PATTALASSANG, KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Global Teaching_Rezky Baharuddin.pdf

Download (249kB)

Abstract

Studi ini menelaah penerapan pendekatan Whole Languange yang difokuskan pada komponen reading aload Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas IV SD Inpres Japing Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Japing yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 6 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I hasil observasi aktivitas mengajar guru pada kategori cukup (C) dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dengan hasil membaca siswa berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II hasil observasi aktivitas mengajar guru pada kategori baik (B) dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik (B) dengan hasil membaca nyaring siswa berada pada kategori baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan Whole Languange (reading aload) dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas VI SD Inpres Japing, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:17
Last Modified: 30 Aug 2023 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33806

Actions (login required)

View Item View Item