Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat UntukMeningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada SiswaKelas V Sd Negeri 61 Belawa Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan

RIO ALAMSYAH CAKRAWALA (2023) Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat UntukMeningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada SiswaKelas V Sd Negeri 61 Belawa Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan.

[img] Text
artikel PGSD_Rio Alamsyah Cakrawala_1747041032.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 61 Belawa kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terbagi menjadi 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 61 Belawa , pada semester ganjil tahun 2021/2022 yang berjumlah 13 siswa. Adapun fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan hasil belajar siswa kelas V SD Ngeri 61 Belawa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai rata – rata siswa pada siklus I yaitu 67,69% dan siklus II menjadi 80,76%. Hasil observasi aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan dari sebelumnya, pada siklus I aktivitas mengajar guru berpada pada ketegori cukup pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan, aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 61 Belawa Kabupaten Wajo. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Sains teknologi masyarakat, Hasil Belajar IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:18
Last Modified: 29 Aug 2023 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33805

Actions (login required)

View Item View Item