Hubungan Pemberian Penguatan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN No. 72 Bontoloe Takalar

A.LAILI RISKI AMALIA (2023) Hubungan Pemberian Penguatan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN No. 72 Bontoloe Takalar.

[img] Text
ARTIKEL-A. Laili Riski Amalia-PGSD..pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah causal comparative research. Variabel penelitian ini terdiri atas dua yaitu variabel pemberian penguatan guru dan variabel motivasi belajar siswa. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi di SDN No. 72 Bontoloe Takalar dengan populasi 119 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik proportionate stratified random sampling, sampel yang diambil dari populasi harus mewakili sampel sebanyak 99 siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisi statistik deskriptif menunjukkan bahwa pemberian penguatan guru di kelas tinggi dengan kategori baik, dan diketahui bahwa motivasi belajar siswa berada pada kategori baik sedangkan analisis statistik inferensial diperoleh nilai Sig. Deviation From Linearity sebesar nol koma duaratus sembilan puluh tiga lebih besar dari nol koma nol lima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemberin penguatan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN No. 72 Bontoloe Takalar. Kata Kunci: Penguatan Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:59
Last Modified: 29 Aug 2023 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33804

Actions (login required)

View Item View Item