Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri Mannuruki Kota Makassar

WIDYA TRI SAPUTRI B. (2023) Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri Mannuruki Kota Makassar.

[img] Text
Widya Tri Saputri B._Artikel.pdf

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri Mannuruki Kota Makassar. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Variabel terikatnya adalah hasil belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental, dengan rencana penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kota Makassar sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas Va sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 orang dan kelas Vb sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 orang. Perhitungan pengujian hipotesis menerapkan bantuan program IBM SPSS Statistics Versi 20. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menerapkan independent sampel T-Test. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari nilai taraf kesalahan. Hal ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh Pendekatan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri Mannuruki Kota Makassar. Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:53
Last Modified: 29 Aug 2023 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33803

Actions (login required)

View Item View Item