Hubungan Pembelajaran Daring dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa Angkatan 2019 PGSD Bilingual FIP UNM Makassar pada Masa Pandemi Covid-19

FAJRI RAHAYU (2023) Hubungan Pembelajaran Daring dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa Angkatan 2019 PGSD Bilingual FIP UNM Makassar pada Masa Pandemi Covid-19.

[img] Text
Artikel_Fajri Rahayu_Universitas Negeri Makassar_.pdf

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan kemandirian belajar mahasiswa angkatan 2019 PGSD Bilingual FIP UNM Makassar pada Masa Pandemi Covid-19. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring, sedangkan variabel terikatnya adalah kemandirian belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif PGSD Bilingual angkatan 2018 sebanyak 65 mahasiswa, jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus slovin sebanyak 56 mahasiswa dengan penentuan anggota sampel menggunakan simple random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket pembelajaran daring dan kemandirian belajar melalui google form kepada sampel penelitian. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deksriptif dan analisis statistik inferensial, pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Kendall;s Tau B. Hasil uji korelasi Kendall’s Tau B memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan kemandirian belajar mahasiswa angkatan 2019 PGSD Bilingual FIP UNM Makassar pada masa pandemi covid-19. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kemandirian Belajar, Mahasiswa, Pandemi Covid-19

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:09
Last Modified: 29 Aug 2023 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33802

Actions (login required)

View Item View Item