Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri 82 Pattene Kabupaten Maro

A. FITRIANI (2023) Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri 82 Pattene Kabupaten Maro.

[img] Text
artikel A. fitriani.pdf

Download (805kB)

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri 82 Pattene Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode mind mapping dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dan penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Kata kunci : Metode mind mapping, Hasil belajar IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:52
Last Modified: 29 Aug 2023 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33800

Actions (login required)

View Item View Item