Hubungan Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI Di SMA Negeri 09 Makassar.

Muntihana allu, Mapparenta (2014) Hubungan Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI Di SMA Negeri 09 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
Muntihana Allu Mapparenta.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Muntihana Allu Mapparenta. 2014. Hubungan Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI Di SMA Negeri 09 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Supriadi Torro dan Musdaliah Mustadjar. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan tingkat pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di Kelas XI SMA Negeri 09 makassar. Jenis penelitian ini adalah dekskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 09 Makassar dan sampelnya adalah 25% dari populasi sebanyak 140 siswa yaitu 35 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi dan uji t menggunakan bantuan SPSS( Statistik Product and Service Solution) 20.0 for windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) hubungan tingkat pendidikan formal orang tua baik untuk pendidikan ayah sebesar 42,9% dan ibu 51,5% berada dalam kategori sedang, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di Kelas XI SMA Negeri 09 Makassar berada dalam kategori cukup tinggi sebesar 40% hal ini dibuktikan dari mean (rata-rata) nilai siswa yaitu 81,94 yang berada dalam rentang 80-84, (3) Untuk uji korelasi (r) sebesar 0,363. Dimana berada pada rentang 0,20 – 0,399 yang menunjukkan bahwa hubungan antara tingkat pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar siswa berada pada kategori rendah. Sedangkan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t , menunjukkan nilai thitung sebesar 2,239 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α= 0,05% (5%) dengan derajat kesalahan (dk = n-2, berarti 35-2) diperoleh nilai 1.692. Dari hasil ini menunjukkan bahwa 2,239 > 1.692, maka H0 ditolak H1 diterima artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 09 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:15
Last Modified: 26 Apr 2016 07:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item