PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL HOTS PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS V SD INPRES BULOGADING I KECAMATAN BONTONOMPO

DIAN ANGGRENI (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL HOTS PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS V SD INPRES BULOGADING I KECAMATAN BONTONOMPO.

[img] Text
Artikel Dian Anggreni.pdf

Download (678kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemamuan pemecahan masalah soal HOTS pada materi penyajian data. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal HOTS pada materi penyajian data di kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal HOTS pada materi penyajian data di kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu penerapan model Problem Based Learning dan kemampuan pemecahan masalah soal HOTS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang dan meningkat pada hasil observasi siklus II yaitu menjadi baik. Berdasarkan hal tersebut, nilai tes hasil belajar siswa meningkat, dari siklus I berada dalam kategori kurang, dimana terdapat 1 siswa dikategorikan tuntas dan 7 siswa dikategorikan tidak tuntas. Kemudian meningkat pada siklus II berada pada kategori baik, dimana 2 terdapat 8 siswa dikategorikan tuntas dan tidak ada siswa yang dikategorikan tidak tuntas. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal HOTS pada materi penyajian data di kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:31
Last Modified: 29 Aug 2023 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33799

Actions (login required)

View Item View Item