PENERAPAN METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 103 INPRES HASANUDDIN KABUPATEN MAROS

NURAZHIMA ZULVITADINA (2023) PENERAPAN METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 103 INPRES HASANUDDIN KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Artikel Nurazhima Zulvitadina.pdf

Download (332kB)

Abstract

Nurazhima Zulvitadina, 2022. Penerapan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 103 Inpres Hasanuddin Kabupaten Maros. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi dibimbing oleh dosen Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. dan Sayidiman, S.Pd., M.Pd. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 103 Inpres Hasanuddin Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Speed Reading untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaaobservasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Metode Speed Reading untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Keterampilan Membaca Pemahaman siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II Keterampilan Membaca Pemahaman siswa sudah meningkat berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu jika metode Speed Reading diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia maka keterampilan membaca pemahaman siswa dapat meningkat. Kata kunci: Metode Speed Reading, Keterampilan Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:29
Last Modified: 25 Aug 2023 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33794

Actions (login required)

View Item View Item