Penerapan Pendekatan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas V SDN 1 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara

Eras Tandi Kapang (2023) Penerapan Pendekatan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas V SDN 1 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara.

[img] Text
Artikel_Eras Tandi Kapang_1747440016.pdf

Download (537kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan eksposisi terhadap siswa kelas V SDN 1 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan proses untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi terhadap siswa kelas V SDN 1 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan proses dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas V SDN 1 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penerapan pendekatan proses terdapat 5 tahapan yakni prapenulisan, membuat draf, merevisi, menyunting dan terakhir publikasi, tahapan-tahapan tersebut dilakukan dalam menulis karangan eksposisi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terdiri 12 perempuan dan 10 laki-laki. Data aktivitas guru dan aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi dan hasil keterampilan menulis karangan eksposisi siswa diperoleh dari hasil tulisan karangan eksposisi siswa. Hasil menulis karangan eksposisi siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 belum tuntas tetapi pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan dan dikategorikan tuntas. Selain itu aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan pendekatan proses juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I dan siklus II aktivitas mengajar guru dikategorikan sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dikategorikan kurang dan pada pertemuan 2 dikategorikan baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan proses dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas V SDN 1 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Kata Kunci : Pendekatan Proses, Siswa, Karangan Eksposisi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:29
Last Modified: 25 Aug 2023 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33791

Actions (login required)

View Item View Item