Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Media Audio Visual Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 25 Panaikang Kabupaten Bantaeng

RIHLAH AYU RAODA (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Media Audio Visual Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 25 Panaikang Kabupaten Bantaeng.

[img] Text
ARTIKEL RIHLAH AYU RAODA.pdf

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) dengan menggunakan media audio visual berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 25 Panaikang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Penerapan model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning (PBL) dengan menggunakan media audio visual berbasis animasi terhadap pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 25 Panaikang; (2) Mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 25 Panaikang; (3) Mengetahui pengaruh Penerapan model pembelajarn PBL dengan media auido visual berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negri 25 Panaikang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni quasi eksperimen dengan menggunakan dua subjek yakni kelas Va sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb sebagai kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Pemberia tes berupa pretest dan posttest untuk masing�masing setiap subjek. Penelitian ini akan membandingkan terkait hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen sebelum dan setalah pemberian perlakuan dengan menggunakan pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan paired sample t-test, serta perbandingan antara hasil belajar (Posttest ) siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil uji tersebut untuk menentukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunakan model pembelajarn PBL dengan media audio visual berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 25 Panaikang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:46
Last Modified: 24 Aug 2023 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33782

Actions (login required)

View Item View Item