Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II

HASRIANI (2023) Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II.

[img] Text
HASRIANI-1847042061-ARTIKEL.pdf

Download (489kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa. Adapun rumusan masalahnya bagaimana penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penggunaan media kartu bergambar dan kemampuan membaca nyaring. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas II UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar yang berjumlah 25 orang pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai pada siklus I termasuk dalam kategori Rendah (R) sedangkan pada siklus II tingkat kemampuan membaca nyaring siswa mengalami peningkatan yaitu kategori Sangat Tinggi (ST). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Kata Kunci: Media Kartu Bergambar, Kemampuan Membaca, Membaca Nyaring

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:20
Last Modified: 24 Aug 2023 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33778

Actions (login required)

View Item View Item