PENGARUH PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

NURUL AZMI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA.

[img] Text
ARTIKEL_NURUL AZMI_1847040006.pdf

Download (360kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini ialah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Tujuan penelitian ini, (1) mengetahui gambaran penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) pada siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pada materi sudut sebelum dan sesudah penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR), (3) mengetahui pengaruh penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi sudut siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design tipe nonequivalent control grup design. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana hasil analisis uji Independent sample t-test diperoleh Equal variances not assumed nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep matematika materi sudut siswa pada kelas IV SD Negeri 066 Pekkabata Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain nilai rata-rata (mean) N-Gain pada kelas eksperimen nilai N-Gain 0.6448 < 0,70 sehingga termasuk dalam kategori sedang atau cukup efektif. Sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol nilai N-Gain 0.3823 < 0,70, sehingga termasuk dalam kategori rendah atau tidak efektif Kata Kunci: auditory intellectually repetition (AIR), pemahaman konsep matematika, materi sudut.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:59
Last Modified: 24 Aug 2023 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33776

Actions (login required)

View Item View Item