PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES SUGITANGNGA KABUPATEN GOWA

SRI MEGAWATI (2023) PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES SUGITANGNGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
246-Article Text-1091-1-10-20220602.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media flash card untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahama siswa Kelas IV SD Inpres Sugitangnga Kabupaten Gowa. Focus dari penelitian ini adalah penggunaan media flash card dan keterampilan membaca pemahaman. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SD Inpres Sugitangnga dan seluruh siswa kelas IV SD Inpres Sugitangnga Kabupaten Gowa yang berjumlah 14 orang pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang diguankan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes evaluasi. Adapun hasil dari penelitian yang dicapai pada Siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori kurang dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Sejalan dengan hal tersebut, keterampilan membaca pemahaman siswa juga mengalami peningkatan, pada Siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Berdasarkan ahsil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Sugitangnga Kabupaten Gowa telah berhasil. Kata Kunci : media flash card, keterampilan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:57
Last Modified: 23 Aug 2023 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33774

Actions (login required)

View Item View Item