Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng

HELMI (2023) Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.

[img] Text
ARTIKEL HELMI.pdf

Download (968kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan prosedur penelitian pretest, treatment, dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri�Donri Kabupaten Soppeng sebanyak 94 siswa sedangkan sampelnya adalah sebanyak 30 yang terdiri dari kelas eksperimen 20 siswa dan kelas kontrol 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji independent sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial atau uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Kata Kunci: Metode Mind Mapping; Hasil Belajar; IPA

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:41
Last Modified: 23 Aug 2023 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33772

Actions (login required)

View Item View Item