Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar

NURFADILA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_1847042016_NURFADILA_PGSD_FIP_UNM.pdf

Download (378kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran CIRC, bagaimanakah gambaran hasil keterampilan membaca pemahaman siswa serta apakah terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran CIRC, gambaran hasil keterampilan membaca pemahaman siswa dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar dengan jumlah 53 siswa. Sampelnya adalah kelas IVA 27 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB dengan jumlah siswa 26 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC berada pada kategori sangat efektif dan keterampilan membaca pemahaman siswa berada pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil tes keterampilan membaca pemahaman kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap hasil Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Sudirman III Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:15
Last Modified: 23 Aug 2023 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33769

Actions (login required)

View Item View Item