PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SDN PACCINONGAN UNGGULAN KABUPATEN GOWA

SUKMA FEBRIANTI ANZAR (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SDN PACCINONGAN UNGGULAN KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Artikel Sukma Febrianti Anzar_PGSD_18.pdf

Download (684kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian adalah kuantitatif yang berbentuk pre�eksperimen one group pretest posttest yang bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa, untuk mengetahui hasil keterampilan deskripsi siswa, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Paccinongan Unggulan kabupaten gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write(TTW), sedangkan variabel terikatnya adalah pembelajaran bahasa Indonesia mengenai keterampilan menulis deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SDN Paccinongan Unggulan Kabupaten Gowa sebanyak 20 orang, sedangkan sampelnya adalah purposive sampling siswa siswi kelas V yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,tes dan dokumentasi. Data hasil dalam penelitian ini adalah hasil dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif dan inferensial. Dapat disimpulkan bahwa gambar model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat ditandai dengan rata-rata hasil observasi siswa dan dinyatakan dalam bentuk ketegori baik, gambaran hasil keterampilan menulis deskripsi siswa dapat ditandai dengan perlakuan pretest dengan rata-rata cukup , sedangkan nilai rata rata setelah diberikan pengajaran (posttest) siswa meningkat dan berapa pada kategori baik. terdapat pengaruh yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Paccinongang Unggulan Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:07
Last Modified: 23 Aug 2023 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33768

Actions (login required)

View Item View Item