PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 3 BALANGNIPA KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJA

ISTIQAMA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 3 BALANGNIPA KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJA.

[img] Text
ARTIKEL ISTIQAMA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 3 Balangnipa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 3 Balangnipa, (2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 3 Balangnipa, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 3 Balangnipa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group desain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Balangnipa. Penentuan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilaksanakan berdasarkan lembar observasi diperoleh gambaran penggunaan media pembelajaran secara umum terlaksana dengan baik, hal ini terlihat persentase setiap pertemuan. Pertemuan pertama dengan kategori baik namun masih terdapat beberapa tahapan yang belum terpenuhi secara maksimal yaitu pada tahap persiapan, pelaksanaan dan tindaklanjut. Pertemuan kedua dengan kategori sangat baik tetapi terdapat beberapa tahap belum maksimal yaitu pada tahap pelaksanaan dan tindaklanjut. Kemudian pada pertemuan ketiga proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian gambaran kemampuan berpikir kritis siswa dilihat pada indikator menganalisis suatu permasalahan, memecahkan masalah dan menyimpulkan suatu permasalahan. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata pretest lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dengan penggunaan media video pembelajaran. Pengujian hipotesis menggunakan t�test dengan jenis independent sampel T-test. Berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test diperoleh Equal variances assumed nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video 2pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 3 Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Key words: Media Video Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis, IPA

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 05:49
Last Modified: 23 Aug 2023 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33767

Actions (login required)

View Item View Item