PENGARUH PENGGUNAAN METODE GLOBAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I UPT SPF SD NEGERI TALLO TUA 69 KOTA MAKASSAR

REZKY NUR AULIYA MUHIDDIN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE GLOBAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I UPT SPF SD NEGERI TALLO TUA 69 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL_Rezky Nur Auliya Muhiddin.pdf

Download (484kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan metode global terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I UPT SPF SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan metode global pada kemampuan membaca permulaan siswa kelas I UPT SPF SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan siswa kelas I UPT SPF SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh metode global terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I UPT SPF SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini yaitu metode global dan variabel terikatnya yaitu kemampuan membaca permulaan. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 52 siswa. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (I.A) dan kelas kontrol (I.B) , Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu pretest, pemberian treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan sistem IBM Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode global terlaksana dengan sangat efektif. Selain itu, kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas eksperimen terdapat perbedaan dari kategori cukup menjadi kategori baik setelah diberikan perlakuan menggunakan metode global dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan metode global memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I UPT SPF SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 05:42
Last Modified: 23 Aug 2023 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33766

Actions (login required)

View Item View Item