HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA TOTTONG KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

MARDIANA (2023) HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA TOTTONG KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Artikel-Mardiana-1847041080.pdf

Download (704kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan (1) untuk mengetahui gambaran lingkungan sosial siswa sekolah dasar, (2) mengetahui gambaran karakter siswa sekolah dasar, (3) mengetahui hubungan lingkungan sosial dan pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Variabel X dalam penelitian ini adalah lingkungan sosial sedangkan variable Y yaitu pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa sekolah dasar yang ada di lingkup desa Tottong yakni UPTD SPF SDN 242 Balubue, UPTD SPF SDN 42 Turungeng Lappae, dan UPTD SPF SDN 183 Lapaddumpu dengan total siswa 135 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V dengan total samapel sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 17 siswa dari UPTD SPF SDN 242 Balubue, 16 siswa dari UPTD SPF SDN 42 Turungeng Lappae, dan 11 siswa dari UPTD SPF SDN 183 Lapaddumpu. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, gambaran lingkungan sosial siswa sekolah dasar menujukkan lingkungan yang baik dan berada pada kategori sedang; kedua, gambaran karakter siswa sekolah dasar ialah menunjukkan karakter yang baik baik intrapersonal maupun interpersonalnya dengan kategori sedang; ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial dengan pembentukan karakter siswa sekolah dasar di Desa Tottong Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dengan taraf signifikansi 5%.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 05:19
Last Modified: 23 Aug 2023 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33763

Actions (login required)

View Item View Item