PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 23 TAKKU KECAMATAN SEGERI KABUPATEN PANGKEP

DEWI SRI MULIANI (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 23 TAKKU KECAMATAN SEGERI KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
Artikel_Dewi Sri Muliani.pdf

Download (556kB)

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas V SDN 23 Takku Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas V SDN 23 Takku Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Waktu pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2022 tahun ajaran 2021/2022 sesuai jadwal pembelajaran yang sedang berlangsung dan tempat penelitian ini di SDN 23 TAKKU Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. Subjek penelitian ini, adalah 1 guru dan 25 siswa kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Fokus penelitian memiliki 2 aspek yaitu penerapan media pembelajaran puzzle dan hasil belajar. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran puzzle mengalami peningkatan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan siswa berada pada kategori Cukup (C) dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi Baik (B). Hasil belajar siswa pada siklus I belum memenuhi Kriteria Kentuntasan Maksimum (KKM) dengan siswa yang tuntas yaitu 13 siswa masuk ke dalam kategori Cukup (C) dan dapat meningkat pada siklus II dengan siswa yang tuntas yaitu 23 siswa masuk ke dalam kategori Baik (B)

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:42
Last Modified: 23 Aug 2023 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item View Item