Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Android Terhadap Literasi Kritis Siswa Kelas V di SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar

NURISNA (2023) Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Android Terhadap Literasi Kritis Siswa Kelas V di SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar.

[img] Text
JURNAL-NURISNA-PENGARUH BUKU CERITA BEERGAMBAR BERBASIS ANDROID TERHDAP LITERASI KRITIS SISWA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SDN 69 Galesong I yang berkaitan dengan literasi kritis siswa kelas V, masih banyak siswa yang belum memiliki semangat yang tinggi dalam membaca dan rendahnya minat baca peserta didik. Hal ini terlihat ketika jam istirahat peserta didik lebih memilih berkunjung ke kantin sampai waktu istirahat berakhir, selain itu mereka juga lebih senang bermian dibandingkan membaca buku. Hal ini menunjukkan kurangnya literasi kritis siswa. Beranjak dari masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui gambaran penggunaan buku cerita bergambar berbasis android pada siswa kelas V di SDN 69 GALESONG I, untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi kritis siswa kelas V di SDN 69 Galesong I, untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku cerita bergambar berbasis android terhadap literasi kritis siswa kelas V di SDN 69 GALESONG I. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 24 siswa kelas V A dan 20 siswa kelas V B yang dipilih dengan teknik pourposive sampling. Data dalam penelitian ini (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn) dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes obyektif yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data dianalsis menggunakan analisis deskriptif dan inverensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan buku cerita bergambar berbasis android pada pemberian soal pretest berjalan dengan efketif dengan presentase 60% dan pemberian soal posttes berjalan sangat efektif dengan presentase 93% peningkatan literasi kritis siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sampel t-test menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05 dan Thitug sebsar 18,060 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan media buku cerita bergambar berbasis android terhadap literasi kritis siswa kelas V di SDN 69 Galesong I Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Kata Kunci: Literasi Kritis; Buku Cerita Bergambar Berbasis Android Terhadap Literasi Kritis Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:18
Last Modified: 23 Aug 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33761

Actions (login required)

View Item View Item