Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV

ALFIYAH WAHYUDIN (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV.

[img] Text
Artikel Alfiyah Wahyudin NSJ.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di sekolah yaitu, rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran sehingga hasil belajar tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPS berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Penerapan model pembelajaran di kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berada pada kategori sangat efektif. Begitupun dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berada pada kategori baik dan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 50 Erebulu Kabupaten Sinjai. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament, hasil belajar IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:41
Last Modified: 23 Aug 2023 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33759

Actions (login required)

View Item View Item