PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 50 EREBULU KABUPATEN SINJAI

MARHAMAH (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 50 EREBULU KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
JURNAL_MARHAMAH_1847042008.pdf

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan untuk melihat adakah pengaruh penerapan model quantum writing terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas kelas IV SD Negeri 50 Erebulu Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model quantum writing di kelas IV SD 50 Erebulu Kabupaten Sinjai; (2) Untuk mengetahui gambaran keterampilan menulis karangan deskripsi kelas IV SD Negeri 50 Erebulu Kabupaten Sinjai; (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model quantum writing terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas IV SD Negeri 50 Erebulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berbentuk quasi eksperimental desaign. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group desaign. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model quantum writing dan variabel terikatnya keterampilan menulis karangan deskripsi. Sampel yang digunakan yaitu 31 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu IV.A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model quantum writing terlaksana dengan sangat efektif. Selain itu, keterampilan menulis karangan deskripsi pada kelas eksperimen terdapat perbedaan dari kategori rendah menjadi kategori tinggi setelah diberikan perlakuan model quantum writitng. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model quantum writing terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 50 Erebulu Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:34
Last Modified: 23 Aug 2023 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33758

Actions (login required)

View Item View Item