HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN 3 LEMBA KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

DJUMARNI PUSPITA SARI (2023) HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN 3 LEMBA KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Artikel Djumarni puspitasari.pdf

Download (1MB)

Abstract

DJUMARNI PUSPITA SARI.2022. Hubungan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa kelas tinggi di SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dra.Nurhaedah, S.Pd.,M.Si dan Prof.Dr.Hj.Rohana, M.Pd,S.Pd.,M.Pd). (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn) Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana gambaran lingkungan sekolah SD Negeri 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng (2) Bagaimana gambaran minat belajar siswa di SD Negeri 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. (3) Apakah terdapat hubungan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa di SD Negeri 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah, sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling, Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng . Pada penelitian ini jumlah keseluruhan populasi 151 orang siswa dan penentuan sampel ditentukan dengan menggunakan tabel Isac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebesar 101 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu menggunakan instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi. Menggunakan kuesioner tertutup mengenai lingkungan sekolah dan minat belajar siswa yang terdiri dari masing-masing 25 butir pertanyaan. Instrument penelitian divalidasi oleh ahli di bidangnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statik inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 22. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa kelas tinggi di SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Kata Kunci: Hubungan, lingkungan sekolah, minat belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:31
Last Modified: 22 Aug 2023 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33754

Actions (login required)

View Item View Item