PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOCK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 MADDUKKELLENG KECAMATAN TEMPE KABUPATEN WAJO

AYUDIAH NURHALISA AGUS (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOCK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 MADDUKKELLENG KECAMATAN TEMPE KABUPATEN WAJO.

[img] Text
JURNAL AYUDIAH NURHALISA AGUS.pdf

Download (620kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penggunaan media block dienes pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung bilangan kelas II sekolah dasar; (2) Gambaran hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan kelas II sekolah dasar, dan (3) (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thnPengaruh penggunaan media block dienes terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan dua subjek yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic Versi 21. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Pemberiantes berupa pretest dan posttest untuk setiap subjek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis Independent Sample t-test dengan membandingkan posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil uji Independent Sample t-test memperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari nilai taraf kesalahan, sehingga ditolak dan diterima. Hasil yang diperoleh adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan dimana nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Gambaran penggunaan media block dienes terlaksana dengan sangat baik berdasarkan persentase setiap pertemuan; 2) Hasil belajar matematika siswa setelah penggunaan media block dienes pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan berdasarkan nilai rata-rata posttest yang lebih tinggi dari nilai rata�rata pretest; 3) Media block dienes berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II sekolah dasar. Kata Kunci: Media Roda Putar Keberagaman Budaya, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:22
Last Modified: 22 Aug 2023 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33753

Actions (login required)

View Item View Item