PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES 226 LANNA KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR

SARADIAN (2023) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES 226 LANNA KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
ARTIKEL SARADIAN.pdf

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain tipe Non Equivalent Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN Inpres 226 Lanna. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling jenuh dengan jumlah sampel yakni 15 siswa kelas kontrol dan 16 siswa kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan pengujian T-Test yakni jenis Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media audio visual memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, (2) Terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual, (3) Pengujian hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN Inpres 226 Lanna Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar IPA

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:46
Last Modified: 22 Aug 2023 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33749

Actions (login required)

View Item View Item