PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI UPTD SDN 72 BARRU KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU

FIRDA YUNIANTI MASDAR (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI UPTD SDN 72 BARRU KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU.

[img] Text
Artikel_Firda Yunianti Masdar_1847042002.pdf

Download (593kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif true experimental design yang bertujuan: (a) untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematikauntuk siswa kelas IV UPTD SDN 72 Barru. (b) untuk mengetahuibagaimana gambaran hasil belajar matematika dengan penerapan metoderesitasi siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru. (c) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 72 Barru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan metode resitasi sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa pada materi pokok pecahan senilai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah kuantitatif, dihitung dengan menggunakan rumus statistik dengan cara menghitung nilai rata-rata dan menghitung persentase nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian, gambaran penerapan metode resitasi pada hasil belajar matematika siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru mengalami perubahan dibanding hasil belajar pada kelas kontrol. Sehingga, Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru melalui tiga proses pengujian, yaitu melalui uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov, uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene’s, dan uji hipotesis dengan menggunakan ujiIndependent Sample T-Test. Adapun hasil yang diperoleh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru. Kata Kunci: Metode resitasi, hasil belajar, pecahan senilai

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:39
Last Modified: 22 Aug 2023 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33748

Actions (login required)

View Item View Item