PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES JIPANG KABUPATEN GOWA

SELPIA YUNITA IBRAHIM (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES JIPANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Artikel_Selpia_Yunita_Ibrahim.pdf

Download (773kB)

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya tingkat keaktifan belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, di mana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 22 siswa kelas V SD Inpres Jipang Kabupaten Gowa pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Fokus penelitian yaitu penerapan strategi pembelajaran team quiz dan keaktifan belajar siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Jipang Kabupaten Gowa dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I di mana keaktifan belajar siswa berada pada kategori “tidak aktif” pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat dan berada dalam kategori “aktif”. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Team Quiz, Keaktifan Belajar, IPA

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:31
Last Modified: 22 Aug 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33747

Actions (login required)

View Item View Item