SELPIA YUNITA IBRAHIM (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES JIPANG KABUPATEN GOWA.
Text
Artikel_Selpia_Yunita_Ibrahim.pdf Download (773kB) |
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya tingkat keaktifan belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, di mana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 22 siswa kelas V SD Inpres Jipang Kabupaten Gowa pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Fokus penelitian yaitu penerapan strategi pembelajaran team quiz dan keaktifan belajar siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Jipang Kabupaten Gowa dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I di mana keaktifan belajar siswa berada pada kategori “tidak aktif” pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat dan berada dalam kategori “aktif”. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Team Quiz, Keaktifan Belajar, IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 03:31 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 03:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33747 |
Actions (login required)
View Item |