PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI UPT SD NEGERI 1 TONRONGE, SIDRAP

NURQADRI CEMBA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI UPT SD NEGERI 1 TONRONGE, SIDRAP.

[img] Text
ARTIKEL NURQADRI CEMBA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang dilakukan di kelas V UPT SD Negeri 1 Tonronge, Sidrap. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 peserta didik. Berdasarkan gambaran pelaksanaan maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik yang digunakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Data hasil belajar diperoleh dengan memberikan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT pada lembar observasi guru mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Adapun penerapan model pembelajaran TGT pada lembar observasi siswa juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V UPT SD Negeri 1 Tonronge menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat berdasarkan Hasil pretest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttest menunjukkan kategori sangat baik. Sementara pada hasil pretest kelas kontrol menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttest menunjukkan kategori kurang baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar Matematika kelas Vdi UPT SD Negeri 1 Tonronge, Sidrap. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:01
Last Modified: 22 Aug 2023 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33745

Actions (login required)

View Item View Item