PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATANPELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 11 BARANG KECAMATAN BULUPODDO KABUPATEN SINJAI

MAGFIRAH (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATANPELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 11 BARANG KECAMATAN BULUPODDO KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH MAGFIRAH_PGSD.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 11 Barang Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah jenis penelitiantindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V SD Negeri 11 Barang Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Pendekatan (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn) yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model Project Based Learning dan Kreativitas belajar siswa. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 11 Barang Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai yang berjumlah 21 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I yaituberada pada kategori Cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatanyaitu berada pada kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapenerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan Kreativitas belajar siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V SD Negeri 11 Barang Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Kata Kunci: Project Based Larning (PJBL), Kreativitas Belajar Siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:54
Last Modified: 22 Aug 2023 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33744

Actions (login required)

View Item View Item