PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBDP PADA KELASV SDN 390 LIMPOMAJANG KABUPATEN WAJO

SYAMSURYATI (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBDP PADA KELASV SDN 390 LIMPOMAJANG KABUPATEN WAJO.

[img] Text
ARTIKEL_064559.docx

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penilitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan PBL terhadap meningkatkan hasil belajar SBDP pada siswa SDN 390 Limpomajang Kabupaten Wajo.Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tidakan kelas(classroom action research)yang terdiri dari 4 kegiatan utama yaitu perencanaan,tindakan,pengamatan,refleksi.Fokus penelitian ini adalah mendorong peserta didik berpikir tingkat tinggi dan bekerja sama menganalisis masalah dengan menggunakan sintaks,serta hasil belajar di peroleh dengan menggunakan tes hasil belajar berupa essay. Penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 390 Limpomajang Kabupaten Wajo.Pada semester genap tahun 2021/2022 yang berjumlah 24 orang.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa,nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran SBDP di SD 390 Limpomajang dapat meningkat dengan menggunakan model PBL. Kata Kunci : PBL,Hasil Belajar SBDP

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:24
Last Modified: 22 Aug 2023 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33741

Actions (login required)

View Item View Item