PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD 223 INPRES TANGKURU KABUPATEN MAROS

NUR FAJRIANI IRWAN LOLO (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD 223 INPRES TANGKURU KABUPATEN MAROS.

[img] Text
NUR FAJRIANI IRWAN LOLO_ARTIKEL .pdf

Download (860kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan bahwa pada sekolah yang diteliti keterampilan berbicara siswa terbilang masih rendah.Beberapa siswa masih sangat pasif dalampembelajaran terutama dalam mengungkapkan pendapat. Proses pembelajaran yang berpusat pada guru membuat pembelajaran menjadi pasif dan membuat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat minim. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaranRound Club di kelas V SD 223 Inpres Tangkuru , untuk mengetahui gambaran keterampilan berbicara siswa kelas V SD 223 Inpres Tangkuru sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Round Club dan mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Round Club terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD 223 Inpres Tangkuru. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD 223 Inpres Tangkuru berjumlah 46 siswa. Sampel dalam penelitian di pilih secara random dengan menentukan VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data adalah cara yang digunakan untuk membuktikan hipotesis. Pada penelitian ini, tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan penerapan model pembelajaran Round Clubterhadap keterampilan berbicara pada kelas eksperimen selama 3 (tiga) kali pertemuan berlangung baik dikarenakan presentase kategori pertemuan pertama, pertemuan kedua, dan pertemuan kegita meningkat .Gambaran keterampilan berbicara siswa kelas V SD 223 Inpres Tangkuru pada kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran Round Club berada pada kategori sangat memuaskan. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sampel t-test menunjukkan nilai probablitas ada perbedaan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Round Club terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD 223 Inpres Tangkuru. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Keterampilan Berbicara, Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:16
Last Modified: 22 Aug 2023 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33740

Actions (login required)

View Item View Item