PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PODE(PREDICT, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDMUHAMMADIYAH 6 MAKASSAR

RESKY NUR SETIAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PODE(PREDICT, OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDMUHAMMADIYAH 6 MAKASSAR.

[img] Text
artikel.pdf

Download (432kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V. Pendekatan yang digunakan adalahkualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dansetiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,tahab observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PODE untuk meningkatkanhasil belajar IPA Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD muhammadiyah 6 Makassar sebanyak 19 orang yang terdiri dari13 laki-laki dan 6 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar. Teknikpengumpulan data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa pada siklus I masuk pada kategori C (cukup) dan pada siklus II aktivitas guru dan siswa dikategorikan B (baik) hasil belajar siswa pada matapelajaran IPA dengan ketuntasan belajar siklus I pada kategori Tidak Tuntas (TT) sedangkan siklus II pencapaian ketuntasanberada pada kategori Tuntas (T). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran PODE untukmeningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD muhammadiyah 6 Makassar. Kata Kunci: Penerapan, Model, PODE, Hasil, IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:05
Last Modified: 22 Aug 2023 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33739

Actions (login required)

View Item View Item