Penerapan Multimedia Interaktif Articulate StorylineUntuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak SiswaKelas Iii Upt Spf Sd Negeri Mangasa KecamatanRappocini Kota Makassar

RISFANI MAULYA (2023) Penerapan Multimedia Interaktif Articulate StorylineUntuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak SiswaKelas Iii Upt Spf Sd Negeri Mangasa KecamatanRappocini Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Risfani Maulya-1847042022 (1).pdf

Download (345kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Meningkatan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas III UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan multimedia interaktif articulate storyline. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Bentuk tindakan yang diberikan adalah dengan menggunakan media articulate storyline untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita. Teknik analisis datayang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas III UPT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media articulate storyline mengalami peningkatan pada setiap siklus. Halini dapat dilihat pada nilai rata-rata keterampilan menyimak siklus I sebesar 54,33 dan persenatase ketuntasan hasil belajar siswa 20% artinya masih ada dalam kondisi yang kurang optimal. Sementara di siklus II nilai rata-rata keterampilan menyimaksiklus I sebesar 82,33 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 80%. Hal ini menunjukkan kategori yang meningkat baik. Kata kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Keterampilan menyimak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:29
Last Modified: 22 Aug 2023 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33736

Actions (login required)

View Item View Item