YEYEN REZKY ANDINI KADIR (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD INPRES BAROMBONG II KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.
Text
ARTIKEL_YEYEN REZKY ANDINI KADIR_1847442006.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini terkait pengaruh Model Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Inpres Barombong II. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model role playing. Variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV dengan sampel kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 orang dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang dan menggunakan teknik sampel yaitu sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Isntrumens yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal essay yang berjumlah 10 soal. Data analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pencapaian hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan saat menggunakan model role playing hal ini terbukti dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest. Hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari T Hitung > T Tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kata Kunci: Role Playing, Keterampilan Berbicara
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 01:22 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 01:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33735 |
Actions (login required)
View Item |