Pengaruh Modul Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Tinggi di UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar

WAODE ANDI NURUL IMAMAH (2023) Pengaruh Modul Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Tinggi di UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Waode Andi Nurul Imamah_PGSD.pdf

Download (488kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto yang bertujuan; (1) untuk mengetahui gambaran modul gerakan literasi sekolah siswa kelas tinggi UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar; (2) untuk mengetahui gambaran minat baca siswa kelas tinggi UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar; dan (3) untuk mengetahui pengaruh modul Gerakan literasi sekolah terhadap minat siswa kelas tinggi UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modul Gerakan literasi sekolah, sedangkan variabel terikatnya adalah minat baca siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas tinggi di UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar sebanyak 78 orang dan jumlah sampel sebanyak 65 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan modul gerakan literasi sekolah siswa kelas tinggi dengan memperoleh kategori sedang. Sedangkan, hasil analisis deskriptif minat baca siswa kelas tinggi dengan kategori sedang. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan bantuan program (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn) Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26 ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara modul gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas tinggi di UPT SPF SD Inpres Bangkala 1 Kota Makassar. Kata Kunci: Pengaruh, modul gerakan literasi sekolah, minat baca.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:46
Last Modified: 21 Aug 2023 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33733

Actions (login required)

View Item View Item