PENGARUH APLIKASI ASESMEN KOMPETENSI SISWA INDONESIA (AKSI) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS V UPT SPF SDNUNGGULAN MONGISIDI 1 MAKASSAR

LISA AMALIA (2023) PENGARUH APLIKASI ASESMEN KOMPETENSI SISWA INDONESIA (AKSI) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS V UPT SPF SDNUNGGULAN MONGISIDI 1 MAKASSAR.

[img] Text
Lisa Amalia_Artikel.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh penggunaan aplikasi AKSI (Asessmen Kompetensi Siswa Indonesia) di kelas V UPT SPF SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar, untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan literasi siswa di kelas V UPT SPF SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar, untuk mengetahui pengaruk aplikasi AKSI terhadap peningkatan kemampuan literasi membaca siswa di kelas V UPT SPF SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-experimental Desain dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group memberikan pretest pada kelas eksprimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SPF SDN Uggulan Mongisidi 1 Makassar berjumlah 68 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 63 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu aplikasi AKSI dan variabel terikat yaitu literasi membaca. Prosedur penelitian yang digunakan dengan dua tahap, yaitu tahan persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik peengumpulan data penelitian ini melakukan observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial yang terbagi atas uji analisis normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi AKSI saat digunakan menjadikan siswa tertarik sehingga berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menunjukkan baha aplikasi AKSI saat digunakan mengakibatkan dampak positif sehngga menghasilkan kategori baik. Adapun kemampuan literasi membaca sisa berdasarkan hasil posttest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori kemampuan literasi membaca sedang. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh P= 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aplikasi AKSI terhadap peningkatan kemampuan literasi membaca siswa kelas V UPT SPF SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar. Kata Kunci : Aplikasi AKSI, Literasi Membaca

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:38
Last Modified: 21 Aug 2023 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33732

Actions (login required)

View Item View Item