PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 259 PATIMPENG KECAMATAN PATIMPENG KABUPATEN BONE

ANDI REZKY AMALIAH (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 259 PATIMPENG KECAMATAN PATIMPENG KABUPATEN BONE.

[img] Text
ARTIKEL_ANDI REZKY AMALIAH_1847040007.pdf

Download (700kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan MasalahMatematika Siswa Kelas IV SDN 259 Patimpeng. Tujuan penelitian ini (1) Untuk Mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV, (2) Mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 259 Patimpeng. Penentuan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan uji-t yaitu uji independent sampel t-test. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) berdasarkan hasil observasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction pada proses pembelajaran berada pada kategori sangat efektif; (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan Masalah Matematika Siswa dari kategori (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn) rendah menjadi kategori tinggi; (3) Terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction terhadap kemampuan pemecahan Masalah Matematika Siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:22
Last Modified: 21 Aug 2023 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33730

Actions (login required)

View Item View Item